Oleh: smitdev | Januari 30, 2007

tip laris manis…

Sebagai penulis, saya kadang ngeri melihat begitu banyak buku komputer yang beredar di pasaran. Persaingan antar penerbit semakin ketat. Jumlah penulis TI semakin meningkat tajam. Hal ini dapat kita lihat dari semakin berjejalnya buku komputer di rak-rak toko buku terkemuka. Saya tidak bermaksud mematahkan keinginan dan semangat menulis Anda… hehe (takut tambah pesaing kali ya…). Cuma kita musti pintar-pintar memilih tema buku jika hendak mengais rejeki dari royalty penulisan buku.

Ok, lantas gimana nih …?

Pertama, coba Anda perhatikan satu per satu judul-judul buku yang ada di rak toko. Ya, sebenarnya tema-tema yang ditulis berputar soal itu-itu saja, aplikasi itu-itu saja. Di satu sisi, penerbit tentu tidak akan menerima naskah dengan tema dan versi yang sama- jadi ya harus pintar-pintar ‘create’ naskah yang benar-benar unik. Hilangkan keinginan untuk membuat buku panduan atau tutorial tentang cara pemakaian sebuah program/aplikasi, karena hampir bisa dipastikan Anda akan kalah cepat dengan penulis lain. Hilangkan juga keinginan mengangkat sebuah aplikasi ‘alternatif’ yang masih jarang atau belum ditulis (ya karena semua tahu kalo yang itu nggak bakal laku, hehehe…). Cobalah untuk lebih kreatif dalam menulis aplikasi yang telah Anda kuasai, entah Anda create menjadi buku latihan proyek, kumpulan tip optimasi program, resep, jika perlu ramu dengan aplikasi lain sehingga isinya akan lebih dahsyat (kok seperti iklan jamu ?…).

Kedua, coba Anda perhatikan lebih seksama buku-buku di depan Anda. Nah, rata-rata cuma ngajari orang cara pake sebuah program/aplikasi. Itu juga dengan contoh dan latihan ala kadarnya. Gimana kalo kita bikin buku yang ngga bahas aplikasi, khan asyik tuh, jika perlu buat yang spektakuler (ingat kisah sukses buku hacking-nya Jasakom khan ?). Penerbit niscaya akan dengan senang hati mencetak, mencetak, dan mencetak lagi jika buku Anda laku dan tidak lapuk oleh usia (baca bebas versi program).

Ketiga, coba Anda buka-buka setiap buku yang Anda kuasai temanya. Yah kok kebanyakan untuk pemula, jarang khan buku untuk tingkat advanced ? Nah, kalo ini terserah Anda. Jika Anda mampu dan tema memiliki potensi jual, kenapa tidak Anda tulis dengan materi yang lebih komprehensif, matang, tidak hanya bicara menu dan fitur, serta sarat dengan ilmu (bukan sarat dengan gambar ya…).

Keempat, kelima, dan seterusnya saya simpan dulu ya… Selamat menulis !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: