Oleh: smitdev | September 21, 2007

Tip Mengoptimalkan Website di Search Engine (Bagian 2: Persiapan – lanjutan)

>> lanjutan posting sebelumnya

Bagian BODY Halaman Web

Beberapa elemen penting di bagian BODY yang harus Anda perhatikan adalah :

Heading

Heading adalah tag bagi penulisan elemen judul, sub judul, dan subsub selanjutnya pada materi halaman web. Penulisannya sebagai berikut ‹h#› isi judul ‹/h#›. ‹h1› adalah heading 1, ‹h2› adalah heading 2, dan seterusnya (# adalah level heading).
Tag heading adalah bagian yang paling dilirik search engine setelah tag TITLE. Biasakan untuk menuliskan judul dan sub judul di dalam halaman web Anda menggunakan tag heading. Meskipun secara visual tampak sama di browser, sebaris kata yang diberi tag heading dan sebaris kata yang diperbesar ukuran fontnya memiliki kualitas yang berbeda di mata search engine.

Link

Link yang menghubungkan antar halaman web Anda juga memiliki poin tersendiri. Ini bukan soal ke mana link Anda lari, namun soal penulisan teks link dan atribut yang Anda sisipkan di dalam link. Link dan teks-teks yang menyertai link Anda juga menjadi perhatian search engine.
  • Tuliskan kata atau kalimat yang mencerminkan isi dan maksud link. Sebaris anchor / teks link “daftar buku komputer terbaru” jauh lebih berkualitas dibandingkan sebaris anchor / teks link “silakan klik di sini” atau sebuah gambar buku yang Anda beri link.
  • URL tujuan link yang bermakna juga lebih baik dibandingkan URL tujuan dalam susunan tak bermakna. Misalnya susunan URL http://www.situs.com/daftar-buku-jaringan.php lebih bagus dibandingkan susunan URL http://www.situs.com/?p=dabk&sJRG=new (atau sederet kode dan singkatan yang membuat Anda bertanya-tanya apa maksudnya, heheh).
  • Tambahkan link title saat mendiskripsikan sebuah link. Contoh susunannya adalah sebagai berikut : ‹a href=”http://www.smitdev.com/penulis.php” title=”daftar penulis buku smitdev”›Daftar Penulis‹/a›. Bagian title=”daftar penulis buku smitdev” inilah yang disebut link title. Sebaris kalimat yang menjelaskan tentang tujuan link ini sedikit dapat membantu posisi Anda di search engine untuk pencarian dengan keyword terkait.

Konten Website

Konten yang dimaksud di sini adalah semua objek website yang dapat dilihat orang pada web browser.
  • Teks : Hanya bagian inilah sebenarnya yang diindeks oleh search engine. Teks yang terbaca search engine bisa berupa paparan informasi yang Anda ketikkan di halaman web, atau atribut ALT yang menyertai gambar. Untuk memeriksa materi teks halaman web Anda, silakan matikan gambar melalui menu Options / Preferences di browser, lalu refresh tampilan Anda. Nah, itu yang diindeks search engine.
  • Gambar dan objek non teks lain : Gambar dan objek non teks lain tidak akan diindeks oleh search engine. Teks yang tertulis di dalam sebuah gambar pun tidak akan terbaca oleh search engine. Jadi meskipun gambar slogan dan gambar dominan lain akan membuat website Anda cantik, namun ini sama sekali tidak akan membantu Anda di search engine. Jika halaman web Anda menuntut adanya beragam gambar, sebaiknya siasati dengan menyisipkan atribut ALT pada kode HTML penyisipan gambar Anda. Contohnya ‹IMG SRC=”http://www.situs.com/image/cover-buku-web.jpg” ALT=”cover buku web”
    WIDTH=”53″ HEIGHT=”22″ /›. Nah, sekarang dapat dua-duanya, gambar cover buku yang cantik akan tampil, dan search engine pun akan mengindeks kata “cover buku komputer” yang Anda sisipkan dalam ALT.
  • Kesesuaian kandungan materi informasi dan karakteristik tema sebuah halaman web sangat membantu posisi Anda di search engine. Situs Anda bertema hardware, elemen TITLE dan META website sudah Anda arahkan ke tema hardware, tapi jika isi website Anda sendiri lebih banyak membahas soal software, ya digeser deh posisi website Anda oleh situs hardware pesaing. Search engine juga akan menghitung jumlah suatu kata yang ada di halaman Anda dan mencocokkannya dengan keyword yang diketikkan sang pencari.
  • Teks memang idola search engine, tapi jangan coba-coba menipu search engine dengan cara mengetikkan sekelompok kata unggulan Anda dalam ukuran font terkecil atau dalam warna yang sama dengan warna latar. Mungkin Anda berpikir ini ideal, di satu sisi semakin banyak kata unggulan yang dapat Anda sisipkan, di sisi lain Anda dapat menyembunyikan dan tidak ingin merusak pemandangan situs Anda dengan segudang kata yang akan membingungkan pengunjung. Ingat tindakan yang termasuk dalam kategori spamdexing ini menyalahi aturan dan bisa berakibat fatal, situs Anda dilarang dan dihapuskan dari database search engine. Sanksi atas kasus seperti ini sempat menimpa situs besar BMW dan Ricoh pada Februari 2006, walaupun akhirnya keduanya dimaafkan dan memperbaiki kesalahan ini.
Baik, silakan benahi dulu website Anda sebelum kita lanjutkan ke tip-tip optimasi search engine selanjutnya. Merepotkan ? memang, …no pain no gain! Jika tidak mau repot, ya selamat menikmati sendiri website Anda, heheh…!




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: