Oleh: smitdev | Mei 22, 2008

Panduan Mendaftar dan Mengelola Website di Web Hosting Gratis

Jika Anda ingin memiliki situs web sendiri namun ingin berhemat, maka web hosting gratis dapat menjadi solusi alternatif. Sayangnya, tidak banyak penyedia web hosting gratis yang memberikan fitur dan layanan yang layak. Ada saja batasan yang ditetapkan web hosting gratis, sehingga kita tidak dapat mengelola website secara leluasa seperti ketika memanfaatkan layanan web hosting berbayar. Umumnya batasan yang perlu kita cermati adalah pada masalah kapasitas hosting, jatah bandwidth per bulan, dan kelengkapan fitur.

Ukuran web hosting gratis yang layak dapat kita cermati dari besarnya kapasitas (minimal 100 MB), besarnya bandwidth (minimal 100 GB), dimungkinkannya penggunaan nama domain sendiri (misalnya http://www.situsanda.com), support database dan pemrograman web (minimal MySQL dan PHP), email gratis (anda@situsanda.com) yang support POP3, adanya fitur manajemen web (misalnya cPanel), akses FTP (memudahkan pengelolaan file web), dan tentunya bebas iklan dan banner dari penyedia. Salah satu layanan web hosting gratis yang cukup memenuhi kriteria di atas adalah 000webhost.com.

Mendaftarkan Diri ke WebHost :

Sebelum melakukan registrasi, pikirkanlah terlebih dahulu apakah Anda akan menggunakan nama domain sendiri atau menggunakan subdomain gratis yang disediakan WebHost. Penggunaan nama domain sendiri lebih disarankan, karena selain URL website Anda menjadi lebih profesional, biaya perolehan nama domain sendiri saat ini sangat murah (di bawah 100 ribu / tahun). Silakan periksa harga domain murah di sini.
Langkah mendaftarkan diri ke WebHost adalah sebagai berikut :
  1. Kunjungi layanan web hosting gratis di sini.
  2. Temukan dan klik tombol menu ORDER NOW. Jangan kuatir, ini bukan order transaksi berbayar🙂.
  3. Lengkapi form. Isikan nama domain sendiri yang telah Anda pesan, atau isikan nama sesuai selera pada pilihan subdomain yang tersedia. Pastikan password merupakan kombinasi angka dan huruf (minimal 6 karakter).
  4. Pada tampilan berikutnya, klik Setup Account.
  5. Setelah proses selesai, Anda akan masuk ke halaman Member Area untuk pertama kali.

Mulai Mengaktifkan Hosting :

Periksa email Anda untuk melihat petunjuk dan pertinggal mengenai username dan password hosting Anda. Di sana juga diinformasikan bahwa jika Anda menggunakan nama domain sendiri, maka Anda harus mengalihkan nameserver ke alamat yang diberikan. Anda tidak perlu melakukan hal ini jika memilih menggunakan subdomain yang diberikan WebHost (misalnya situsanda.890m.com).

Untuk mengubah nameserver, login ke halaman domain manager Anda (biasanya link alamat domain manager diberikan oleh penyedia domain tempat Anda memesan domain). Coba periksa kembali email konfirmasi pemesanan domain Anda untuk memastikannya. Anda juga dapat meminta admin penyedia domain Anda untuk membantu melakukan pengalihan nameserver ini. Pastikan untuk mengalihkan nameserver ke alamat baru berikut:

dns1.000webhost.com
dns2.000webhost.com


Proses pengalihan ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Jadi, Anda baru dapat mengelola website di hosting Anda setelah domain Anda aktif dan dapat diakses.

Login Member Area dan Membuat Email Admin Hosting:

  1. Login ke http://www.000webhost.com/members/ untuk mengakses Member Area.
  2. Klik Manage My Account. Di sana Anda dapat melihat informasi detail mengenai hosting Anda, mengubah password, dan membuka fitur manajemen website cPanel.
  3. Sebaiknya buat email baru untuk admin website. Klik cPanel, lalu masukkan username dan password yang diberikan (bukan email dan password pendaftaran).
  4. Pada halaman cPanel, klik ikon Email Accounts di kelompok MAIL.
  5. Isikan nama email, misalnya admin (sehingga menjadi admin@situsanda.com). Buat password email dan klik Create.
  6. Anda ditawari untuk mengaktifkan fitur POP3. Jika Anda ingin mengakses email melalui program email semacam Outlook Express atau Thunderbird, klik Yes.
  7. Pilih konfigurasi otomatis sesuai jenis program email Anda, atau cukup catat informasi manual settingnya jika tidak yakin.
  8. Klik Sign Out untuk mengakhiri pembuatan email admin di cPanel.

Mengupload dan Mengelola Website :

Kini hosting telah siap Anda gunakan. Persiapkan desain web Anda untuk kemudian Anda upload ke hosting via FTP. Sebagai alternatif cepat dan mudah, Anda dapat memanfaatkan CMS untuk membangun web secara cepat. Dengan CMS, Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah desain web dan pemrograman databasenya. Cukup instal CMS yang Anda minati. Banyak sekali CMS yang tersedia gratis di internet, misalnya WordPress dan Drupal. Download file instalasi CMS tertentu di situsnya, ekstrak (jika masih berupa file zip), lalu upload seluruh file ke hosting Anda. Jika belum memiliki program FTP, silakan download dan instal FileZilla FTP CLient.


Sampai di sini dulu, kapan-kapan dilanjut yang soal teknik upload web via FTP dan pengelolaan CMS tertentu.

Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: