Oleh: smitdev | Januari 14, 2009

Menampilkan Gambar Thumbnail/Pratayang Website dan Blog Lain

Anda tentu sering menjumpai tampilan mini (thumbnail) sebuah halaman web di situs-situs layanan Direktori Web, layanan Social Bookmarking, dan sejenisnya. Gambar pratayang itu tampil cantik untuk melengkapi informasi mengenai website atau blog yang terdaftar. Tentunya penyedia layanan direktori atau sejenisnya tidak meng-capture satu-satu lalu mangupload gambar-gambar website atau blog yang terdaftar, capek deh.

Penasaran? Anda bisa mencobanya sendiri di posting blog atau website Anda. Mudah kok! Intinya kita cukup mengganti target URL gambar dengan URL khusus dari situs layanan penampil gambar preview website.

Contoh tampilan beberapa gambar pratayang website

Penggunaannya, saat memposting jalankan penyisipan gambar seperti biasanya (ya, melalui tombol Insert Image di blog editor Anda). Bedanya, kali ini Anda tidak mengupload gambar dari komputer atau merujuk URL gambar dari layanan Image Hosting langganan Anda. Cukup sisipkan URL berikut:

http://open.thumbshots.org/image.pxf?url=http://www.situsanda.com

atau:

http://open.thumbshots.org/image.pxf?url=http://nama.penyediabloganda.com

Dah, selesai… Tentunya Anda juga bisa membubuhkan link pada gambar (seperti di contoh) atau mengatur ukuran gambar.

Jika Anda kurang beruntung, mungkin gambar pratayang website belum nongol. Sabar saja, ini lumrah bagi website atau blog yang baru pertama kali menggunakan layanan mereka. Setelah beberapa kali diakses, gambar bakal muncul juga di halaman web Anda.

Sebenarnya ada beberapa layanan penyedia website preview / webshot (silakan Googling ya, hehe). Tapi secara pribadi saya suka layanan thumbshots.org karena performanya bagus dan sudah banyak dipakai situs-situs populer. Sebagai contoh, Anda juga dapat menggunakan jasa Websnapr.com dan Thumbalizr.com, dengan URL:

http://images.websnapr.com/?url=http://www.situsanda.com

http://api.thumbalizr.com/?url=http://www.situsanda.com

Lumayan juga, sayangnya ada tulisan websnapr.com dan thumbalizr.com di gambar. Kalo mau lihat yang mulus, ya bayaaar!

Selamat mencoba, kalo nggak berhasil silakan kontak ntar saya lihat, hehe…


Responses

  1. Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. Mampir ke blog saya dunk ni alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/21/produk-telkom-indonesia-bag-1/jangan lupa komentarnya buat artikel saya. terima kasih

  2. nice artikel bro. selamat ngeblog yaaasalam kenal dari cah semarang

  3. @nina: malah bawa oleh2 kok…@Arif.USt:Blognya bagus, sayang gak bisa ninggal komen tuh… kenapa ya?@cah semarang:Salam kenal balik! blognya situ bagus juga loh, hehe

  4. nice info makasih ya.

  5. bagus sekali….!!!

  6. Dari kemarin aku nyari ini tapi nggk nemu2 gara salah keyword mungkin . aduh makasih banyak ya mas zaenal :)regardsVita


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: