Oleh: smitdev | Oktober 3, 2012

Penjejak.com – Mesin Pencari Internet Buatan Indonesia

Image

Sumber: Mesin Pencari IndonesiaPenjejak.com, situs.pengulas.com

Semua kalangan pengguna internet tahu persis, betapa pentingnya peran sebuah situs layanan pencarian di internet, atau lazim disebut search engine. Mesin-mesin pencari di internet ini mempermudah orang dalam menemukan informasi apapun di internet. Melalui layanan ini, muncul lah nama besar Google. Saat ini hampir bisa dipastikan, jika seorang pengguna internet ingin mencari sebuah informasi, maka yang terlintas di benak mereka pasti “cari saja di Google!”. Ya, mesin pencari yang kini telah menjadi raksasa internet itu memang telah merajai internet.

Bagaimana dengan perkembangan layanan pencarian internet di Indonesia sendiri? Meskipun jumlah website dan blog terus meningkat tajam seiring dengan semakin meningkatnya pengguna internet dari Indonesia, namun untuk kebutuhan cari-mencari di internet, ternyata belum banyak pemainnya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan  hal ini, antara lain faktor dibutuhkannya sarana, prasarana, dan sumber daya yang besar untuk menjalankan sebuah layanan pencarian online. Selain itu, bayang-bayang kegagalan mesin pencari-mesin pencari lain -misalnya buatan Yahoo! dan Microsoft- dalam merebut pangsa pengguna mesin pencari Google, menjadikan orang ciut untuk menerjuni layanan ini.

Penjejak.com menjawab tantangan ini. Kehadiran layanan pencarian khusus Indonesia dari Penjejak.com layak diacungi jempol dan perlu didukung.

Penjejak.com diluncurkan pertama kali secara online pada akhir Agustus 2012. Layanan ini didirikan dan dikelola oleh orang Indonesia, bersumber dari situs Indonesia, dan ditujukan bagi pengguna internet di Indonesia. Penjejak lebih memfokuskan diri hanya pada konten-konten atau materi-materi yang bersumber dari situs web Indonesia atau situs yang memiliki antarmuka dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah. Mesin pencari ini aman digunakan oleh segala usia. Seluruh situs yang ditelusur telah melalui proses evaluasi secara manual.


Tinggalkan komentar

Kategori